Monday 16 September 2013

Kulit Manggis dapat Meningkatkan Sistem Imun (Kekebalan Tubuh)

Setelah lebih dari satu bulan saya tidak update/menulis sebuah artikel untuk sobat blogger yang berkunjung di BLOG saya,maka pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas sesuatu yang sering kita buang atau kita tidak tahu apa kegunaannya,yakni KULIT MANGGIS.........Semoga bermanfaat dan menambah wawasan sahabat semua ^_^

Seorang manusia akan senantiasa sehat apabila sistem imun tubuhnya tinggi.Walaupn demikian,orang tersebut tentu saja mesti rajin memelihara kesehatan,seperti berolahraga dengan teratur,meminum air putih dengan cukup,menjaga pola makan dengan baik,tidak mengkomsumsi zat-zat yang membahayakan tubuh,serta menjaga pola pikir dengan baik. Bila tidak dibarengi dengan semua hal tersebut,sistem imun yang tinggi saja tidak akan cukup. Lama-kelamaan sistem tersebut akan tergerus juga.

Tapi, apa itu sistem imun? sistim imun adalah sistim pertahanan yang di mliliki oleh tubuh dalam menghadapi setiap serangan dari bahan bahan asing.,yang disebut antigen.bahan bahan asing itu biasanya dihasilkanoleh mikroorganisme atau bahan bahan kimia yang bersifat toksik alias racun.dengan demikian,sistim imun ini bisa naik dan bisa turun,karena ia bergantung pada situasi dan kondisi.bila seseorang kerap mengabaikan pola hidup yang sehat,sistim imun tubuhnya akan menurun.sebaliknya,bila orang rajin memelihara kesehatannya sistim imunnya akan naik. Oleh karena itu, menjalankan pola hidup sehat sangat penting. Kendati demikian, seiring dengan meningkatnya usia, fungsi sistem imun seorang pasti akan menurun. Tapi,bukan berarti peluang untuk meningkatkannya sudah tertutup.

Selain dengan sudah di sebutkan tadi, peningkatan sistem pertahanan tubuh itu  bisa dilakukan dengan rutin mengkomsumsi suplemen makanan yang kaya gizi. Apa lagi kalau suplemen itu bersifat antioksidan. Apa contohnya ?  Xanthone, yang terdapat dalam kulit manggis. Senyawa ini merupakan bahan yang sangat tinggi sifat antioksidan nya. Bahkan, hasil sejumlah penelitian membuktikan, sifat antioksidanya itu melebihi vitamin E dan vitamin C. Oleh karena itu, Xanthone mampu menjadi pelindung sel pada proses oksidasi,penuaan,atau perusakan akibat radikal bebas. Senyawa itu ditemukan oleh ilmuwan Jerman pada tahun 1855. Dan ia dikenal sebagai antioksidan tingkat tinggi serta bahan aktif yang stabil, baik dalam keadaan panas maupun dalam keadaan dingin, termasuk ketika berada didalam tubuh manusia. Penelitian membuktikan, kulit manggis mengandung antioksidan 17.000-20.000 prac per 100 ounce. Padahal,bahan lain berkadar antioksidan tinggi,seperti wartel dan jeruk, hanya 300 dan 2.400. Orac capasity, yakni kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas penyebab penyakit. Dengan demikian, semakin rutin kita mengkomsumsi Xanthone itu, tentu akan semakin meningkat sistem imun kita.

Tapi, apakah untuk mendapatkan Xanthone itu kita perlu mengimportnya dari luar negri atau menggiling kulit manggis dulu untuk kemudian meminum airnya ? TIDAK.....Sekarang teknologinya sudah ada di Indonesia dan produk2nya sudah beredar di apotik2 di seluruh kota di Indonesia dalam bentuk kapsul ekstra kulit manggis.

Demikian sedikit informasi dari saya mengenai kegunaan dari kulit manggis yang kebanyakan dari kita tidak tahu manfaatnya dan sering kita buang setelah kita mengkomsumsi buahnya.

Sumber

No comments:

Post a Comment