Monday 29 July 2013

MANFAAT BUAH SIRSAK


''Hai..sobat,,jumpa lagi bersama saya,kali ini saya akan  memperkenalkan sebuah artikel terbaru saya yaitu mengenai Manfaat Buah Sirsak. untuk lebih lengkapnya mari kita simak uraian di bawah ini :

Sirsak atau bahasa latinnya (Anona muricata ).Tanaman ini dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru,dan  Meksiko. Kata sirsak berasal dari bahasa Belanda, zuurzak. Zuur berarti asam, dan zak berarti kantong. Jadi, secara harfiah zuurzak dapat diartikan sebagai kantong yang rasanya asam. Di Malaysia, sirsak disebut durian belanda. Sedangkan di Indonesia biasa disebut nangka belanda,.Dalam bahasa Inggris, buah sirsak dikenal dengan istilah  durian dutch karena rasanya yang manis keasaman.

Buah sirsak mengandung banyak vitamin, namun yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak menjadikan buah ini sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Sementara itu kandungan lain yang terdapat pada buah sirsak adalah Mineral, yaitu fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis atau tulang kropos.

 BERIKUT INI ADALAH MANFAAT DARI BUAH SIRSAK.
  • Sakit pada Kandung Air Seni: Campur buah sirsak setengah masak dengan garam dapur dan gula pasir secukupnya. Dimasak seperti membuat kolak kemudian dimakan dengan dosis 1 kali sehari.
  • Mengatasi Bisul : Tempelkan 6-10 daun sirsak yang masih muda ke tempat bisul sampai bisulnya kering.
  • Untuk Ambeien : Peras buah sirsak yang telah masak, kemudian disaring. Dosis minum 1 gelas perasan sirsak sebanyak 2 kali sehari.
  • Mengobati Bayi Mencret (diare) : Siapkan buah sirsak yang sudah masak, kemudian peras dan disaring untuk diambil airnya. 
  • Minumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan. 
  • Untuk Penyakit Liver : Minum jus sirsak selama seminggu penuh tanpa memakan yang dilarang oleh dokter.
  • Mengobati rematik mengobati darah tinggi membantu mengatasi penyakit ginjal, masalah hati, infeksi saluran kemih dan kasus hematuria. dan masih banyak lagi manfaat dari buah sirsak  yang belum dapat saya uraikan satu persatu.
semoga artikel yang ringkas ini dapat bermanfaat bagi sobat semua...

Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment